Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

13 November 2008

Dapatkan Penghasilan Tambahan


Siapapun Anda pasti menginginkan itu. Terutama bagi mereka yang dalam kondisi terdesak atau sangat membutuhkan. Para pelajar, mahasiswa, kepala rumah tangga atau pribadi-pribadi tangguh lainnya, tentu tidak lepas dari tuntutan kemandirian secara finansial. Bagi pelajar dan mahasiswa khususnya, apakah Anda tenang bila selamanya menunggu jatah SPP dan uang saku dari Ortu? Tidakkah Anda malu bila selalu menelfon mereka tuk menanyakan kapan transfer uang? Atau jajan bersama pacar saja harus nunggu kiriman? Saya tidak menuduh tetapi bukankah kasus ini banyak menimpa saudara-saudara kita di sini?


Saya mempunyai beberapa teman yang berada pada posisi ini. Ada salah seorang bernama Adi, Dia seorang aktifis organisasi. Ketua sebuah UKM di kampusnya, dan bisa dikatakan sebagai salah satu idola bagi banyak mahasiswi di sana. Bagi saya ini sangat menggairahkan, namun ada satu cacat menurut kacamata saya. Dia hidup dari uang kiriman Ortu semata. Memang study adalah tugas utamanya dan butuh sebuah fokus karenanya. Namun tentu lebih ideal bila kemandirian telah menjadi miliknya. Usiannya sudah 22 tahun, bukankah saatnya memikirkan masa depan, profesi dan pasangan hidup? Dan cara terbaik untuk memulaiya adalah dengan melepaskan sedikit demi sedikit tanggungan orang tua atas dirinya, dan satu yang saya sarankan adalah soal biaya hidup. Bagaimana menurut Anda?


Bagi Anda yang merasa bahwa pendapat saya itu patut difikirkan, mari kita sedikit melakukan menganalisa mengapa hal ini masih banyak terjadi. Pertama tentu karena pendidikan dari Orang tua yang tidak ada pembiasaah hidup mandiri dalam menghadapi segala sesuatu, akhirnya anak-anak terbiasa dilayani dan enggan bersusah-payah. Yang kedua adalah adanya dogma bahwa kuliah / sekolah adalah untuk maraih nilai “A”, dan untuk mencapai itu kita harus meninggalkan sesuatu yang mengganggu fokus dan kosentrasi terhadapnya. Ya itu sudah seharusnya. Namun bagi yang sudah merasa geram untuk bersegera menjadi pribadi yang lebih madiri, saya sarankan untuk meninjau ulang doktrin itu. Yang ketiga adalah karena mereka berada pada lingkungan para pengemis. Masih ingatkah Anda bahwa tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah. Mungkin mereka belum memahami ungkapan Muhammad ini. Jelas bila orang-orang di sekitar kita bermental pengemis ( peminta-minta ), maka kita pasti tidak jauh dari itu. Karena kita seperti orang-orang di sekitar kita.


Kemudian saya mencoba memberika beberapa tips hebat untuk Anda yang ingin memulai membangun kemandirian itu. Saya tawarkan kepada Anda bagaimana mendapatkan uang dari pekerjaan sampingan. Tips ini telah saya buktikan hingga saat ini.


  1. Anda mempunyai banyak teman? Manfaatkan itu. Anda bisa menawarkan berbagai jasa pribadi kepada mereka. Jasa ketik, jilid buku / skripsi, jasa pijat, potong rambut, jasa foto, dan jasa-jasa yang lainnya. Asalkan jangan jasa yang haram, anda tentu sudah faham maksud saya. Memang butuh keahlian, namun semua itu bisa dipelajari. Jaman sekarang banyak kursus gratis. Bisa di internet, seminar-seminar, dan jangan sungkan-sungkan berkumpul dengan orang-orang ahli…..tentu dalam rangka menyerap kepakarannya.

  2. Bila Anda menyukai tantangan, Anda bisa memilih dagang atau berjualan. Bagi pemula, ini bisa saja dimulai dari kecil dan tidak memerlukan modal uang sama sekali. Yang Anda perlukan adalah kepercayaan dari toko di mana Anda akan meminjam barang darinya. Ini sangat mudah…..Karena jaman sekarang banyak toko yang bisa dengan sistem konsinyasi ( pinjam barang dulu ). Semisal buku, asessoris, souvenir, pakaian dan lain-lain.

  3. Anda aktif dalam organisasi atau kelompok orang tertentu? Anda bisa menawarkan kepada mereka berbagai layanan. Penuhi kebutuhan mereka. Bila ada proyek-proyek tertentu, Anda ambil saja. Misalnya saat organisasi mengadakan suatu acara. Anda bisa ambil garapan stiker, spanduk, block note, katering / jajanannya atau garapan-garapan yang lainnya. Anda juga bisa menawarkan pembuatan atribut organisasi semacam banner, pin, atau asessoris. Yang Anda perlukan adalah modal omongan ( abab ) saja sebagai alat negosiasi. Untuk penggarapannya, serahkan saja pada pecetakan, atau katering yang menurut anda bisa diajak hitung-hitungan lebih mudah.

  4. Anda mempunyai kemampuan menuangkan hasil pemikiran dalam sebuah tulisan? Itu bisa dijual. Tawarkan saja kepada media cetak terdekat. Atau Anda juga bisa mencetak sebuah buku kecil-kecilan untuk dijual kepada teman-teman. Bila Anda tidak mengetahui tentang dunia percetakan buku, Anda bisa menanyakannya pada percetakan yang ada di kota Anda. Ini gratis.

  5. Bila Anda maniak internet, jangan lewatkan kesempatan emas ini. Anda bisa mendapatkan uang daripadanya. Anda bisa membangun toko di sana dan menjualkan barang orang lain. Atau silakan Anda pelajari tentang konten-konten iklan dan tantang search engine. Anda bisa mendapatkan fee dari pemasangan iklan perusahaan lain di situs Anda. Misalnya melalui Google Adsense.

  6. Bila Anda mempunyai kemampuan Public Speaker, Anda bisa menjualnya pula. Ini yang paling sering saya lakukan. Kemampuan berbicara di depan orang banyak adalah salah satu kemampuan paling mahal. Anda bisa menawarkan untuk even kecil-keclan dulu. Semacam seminar, bedah buku, talk show atau pengajian-pengajian kecil. Anda tidak perlu memasang bandrol, asalkan mereka puas tentu fee akan dating sendiri. Karena orang sekarang sudah mulai sadar bahwa mengundang orang untuk berbicara sesuatu hal tidaklah gratis, dan besaran selalu disesuaikan dengan kelas pembicaranya.

  7. Jaman sekarang berbagai usaha Pemasaran Jaringan ( MLM ) semakin menjamur di negeri kita. Anda bisa memilih salah satu atau dua diantaranya. Jangan lebih dari itu. Ini bisa kita jalankan dengan paroh waktu. Memang banyak yang mulai alergi karenanya, namun yang jelas tak sedikit pula yang telah berhasil sukses didalamnya. Dan menurut pendapat saya, jika nantinya Anda gagal, minimal kemempuan komunikasi dan kemandirian Anda akan jauh lebih baik.


Tentu masih banyak lagi trik-trik lain yang sama hebatnya. Tapi minimal Anda bisa pilih salah satu dari tips-tips di atas. Apapun itu yang jelas tidak ada dan tak akan pernah ada yang bisa menjamin keberhasilan kita. Namun salah satu rumus kehidupan mengatakan bahwa, Di mana ada kemauan, di situ pasti ada jalan. Jadi, tunggu apa lagi? Semoga Anda adalah bagian dari mereka yang berhasil melakukannya dengan baik. Selamat mencoba dan serahkan semua hasilnya pada Allah. Karena Dia sangat mencintai Anda.


Salam hormat dari saya

Ari Suwandono

0 komentar:

Tulisan Terbaru Saya