Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

17 Mei 2009

Makna Gaul yang sudah tidak Gaul

Suatu ketika saya cangkruk’an ( nimbrung ) dengan teman-teman di Alun-alun kota. Di sudut kiri atas ada seorang pria muda, ganteng, ehm…keren gitu…..dan ada 3 cewek di sekelilingnya. Mesra sekali. Melihat hal itu, apa komentar teman-teman? Play Boy ( mungkin benar ), Pemacar tangguh ( bisa jadi ), Pingin ( ehm…ehm...tentu saja ). Tapi, satu lagi komentar yang membuat saya bingung adalah,”Lihat, seperti itu lho ‘cah GAUL”.

Banyak diantara teman-teman saya berpendapat bahwa GAUL itu identik dengan pacaran, gandengan ( depan, belakang, kanan, kiri…..truk gandeng kali…..). Ada pula yang lebih ngeri,”Gak berani cium Dia, gak GAUL nda!”. Bahkan ada yang unik, bahwa GAUL itu bila Dia punya tunggangan motor gedhe, semacam Harley atau Ninja ( Ninja Hattori mungkin yang dimaksud ). Pakai helm keren ( mahal ), baju funky, rambut jabrik,celana ketat dengan kantong bolong rante sepur tergantung, kacamata kanan hitan kiri putih, dan masih banyak GAUL-GAUL aneh yang lain.

Jadi…..mana yang GAUL beneran? Apakah yang porno? Yang punya banyak, maaf…pacar? Atau motor gedhe dan helm keren? Atau rante sepur? Atau yang pakai topi miring? Atau apapun itu semua, saya yakin Anda bukan bagian dari mereka yang kita sebutkan tadi.

Atas pencarian saya beberapa waktu yang lalu bahwa ternyata GAUL itu sangat indah. Jauh lebih indah dari berbagai kasus teman-teman kita tadi.

Menurut bahasa ( Etimologi ), bahwa GAUL berarti NYAMBUNG atau HUBUNG ( berhubungan )

Gaul = Nyambung

Jadi boleh dikata bahwa kabel yang nyambung berarti Dia kabel yang GAUL Seutas benang yang disambung untuk menerbangkan layang-layang misalnya, Dia adalah benang yang GAUL. Begitu pula orang yang mudah nyambung ( berhubungan ) dengan yang lain adalah orang GAUL. Mungkin bahasa kerennya kita sebut saja KOMUNIKATIF gitu aja.

Kalau kita mengigat berbagai kasus tadi, ini berarti GAUL telah mengalami proses Peyorasi ( pergeseran makna ke arah yang lebih buruk ). Betapa tidak? Komunikatif bisa berubah menjadi Truk gandeng, montor gedhe, helm keren, rante sepur, rambut jabrik, dan hal-hal aneh yang lain…..Seperti itukah yang disebut Gaul? Benar-benar gak nyambung nda…..

Bagaimana pendapat Sahabat?

5 komentar:

Smadelovers mengatakan...

wah.. bener tuh mas... aneh aneh ajah yah orang saat ini... mengira gaul itu kdu punya banyak pacar, ato apalah... wkwkw... padahal klo menurut saya yang gaul itu sih yang udah melek internet... kwkwkwkwk

Yoga mengatakan...

Setuju mas kyakna gwa jga hrus berubah nih ke arah masa depan biar tdk sia-sia dlam hidup.

Hans Christian Kusnadi mengatakan...

Setuju mas!!

Abidzar mengatakan...

inilah pemahamangaul yang bener. gaul yang begini ini bikin remaja cepet sukses, berlipat lipat bahkan.

kalau di ijinkan saya link artiekl ini di blog saya.

salam kenal

beni abimanyu
inspirtor di Banyuwangi Jatim

Ari Suwandono mengatakan...

Terima kasih Mas Hans Christian Dan Mas Beni Abimanyu...
Semoga bermanfaat ^_^

Tulisan Terbaru Saya